Thursday, August 12, 2010

Butterfly cupcakes

hey there! cupcake ini sebenarnya dibuat beberapa minggu yang lalu, tapi karena holiday trip jadi belom ke post. kenalan sama Butterfly Cupcake teman-teman!



Chocolate cupcake with white chocolate ganache topped with strawberry-chocolate butterly or lemon-chocolate butterfly.



3D butterfly chocolatenya dibuat dari melted chocolate yg dibentuk sesuai pola, idenya dari buku ini nih :
Hello Cupcake. buat cupcake lovers yang doyan bikin dan decorate cupcakenya sendiri buku ini is A MUST HAVE. let me repeat, MUST HAVE!!!



isinya super lucu dan imut, kreatif dan gampang. suer deh gampang. ga pake ribet dan ga pake lama. tapi yang musti diingat adalah karena ini buku bukan terbitan indonesia, ada beberapa bahan-bahan yang tidak tersedia disini. jadi kita harus fleksibel dan menggantinya dengan apa yang ada.



untuk Butterflynya, yang dibuku ditulis candy wafer ( yg gue ga tau sama sekali itu apaan) gue pake chocolate collata yang warna-warni. warnanya lebih merata dan konsistensinya lebih enak daripada white chocolate dimelted dan dikasih pewarna.

gue sedikit kesulitan waktu bikin white chocolate ganache. Dalam kepala gue, melted chocolate + cream jadi ganache kan? tp dengan takaran yang sama gue buat untuk dark chocolate ganache, white chocolate ganache konsistensinya runny banget, ga bisa kebentuk walaupun udah gue simpen dikulkas semalaman.
teori yang muncul di kepala gue adalah kadar lemak dan susu di white chocolate yg lebih banyak bikin dia jauh lebih runny consistensy daripada dark chocolate ganache. entah benar apa enggak, gimana pendapat teman-teman? ada yang tahu? :)

aniwe, gue tadinya mau bikin cupcake bouqet kayak punya-nya Mba Mae tapi bubar kabeh ketika ada dua kecelakaan terjadi.

1. white chocolate ganachenya keenceran seperti yang telah disebut diatas. form bunga yang dimaksud tidak berbentuk dan malah meluber kesamping T.T

2. CUPCAKE GUE KEJATOHAN CICAK. CICAK!!! CICAAAAKKKK!!!!!!!! sumpah mati demi apaan tau gue benci banget sama makhluk itu. ketika setengah cupcakenya sedang dipersiapkan untuk dihias, mendadak makhluk biadap itu memutuskan untuk jatoh dari lampu dan nimpa cupcake yg sudah ada diatas vas. makhluk biadap itupun berputar-putar disana dan berjalan-jalan diatas LIMA CUPCAKE.

jangan tanya reaksi gue kayak apa. gue loncat, jerit dan ngibrit ke ujung ruangan. nyokap dan ujang yang akhirnya menangani dan mengusir makhluk itu sementara gue histeris dan menyumpah serapah.  cupcakenya? masuk tong sampah.

akhirnya dengan sisa cupcake yang masih bersih, gue bikn butterfly cupcake sebagai pelipur lara.
begitulah ceritanya.

saya mengutuk cicak itu dan semua teman-temannya. SHOO! SHOOOO!! *histeris*

No comments: